Tips Agar Tubuh Tidak Mudah Terserang Penyakit Saat New Normal

Terserang Penyakit Saat New Normal

Protokol new normal sudah diberlakukan di Indonesia sejak akhir bulan Juli lalu. Namun, pandemi sebenarnya belum berakhir sehingga penting bagi anda untuk selalu menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat. Di era new normal ini sebagian besar masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas seperti biasa namun dengan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah. Agar tubuh tidak mudah terserang penyakit, berikut simak beberapa tipsnya.

Tips Agar Tubuh Tidak Mudah Terserang Virus

1. Olahraga Rutin Meski Di Rumah

Virus Corona dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Agar tidak mudah terserang virus maka pastikan untuk selalu menjaga tubuh tetap sehat dan daya tahan tubuh meningkat. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah tidak menghilangkan kebiasaan olahraga meski berada di tengah pandemi COVID-19. Anda tidak harus berolahragalah setiap hari, berolahragalah minimal tiga kali dalam seminggu.

Peran Penting Olahraga dalam Mencegah dan Mengobati Penyakit Saat New Normal

Meskipun new normal sudah mulai memperbolehkan anda menjalankan aktivitas diluar rumah tapi sebaiknya tetap lakukan olahraga dirumah. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir bertemu banyak orang sehingga mengurangi risiko tertular virus. Anda bisa lari dirumah menggunakan treadmill, angkat beban dengan dumbell, atau lari mengelilingi pekarangan rumah.

Selain lari dan angkat beban anda juga bisa melakukan olahraga yoga, pilates atau senam bersama keluarga dengan mengikuti video di Youtube. Selain untuk kesehatan dan kebugaran, olahraga juga bisa menjadi refreshing dan terapi agar tubuh tidak kaku selama bekerja. Anda hanya meluangkan waktu sekitar 30-60 menit untuk melakukan olahraga dirumah.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Perlu anda ketahui bahwa 80% sel imun ada di saluran pencernaan dan hal tersebut memberi makna bahwa konsumsi makanan bergizi memegang peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi anda maka anda bisa memasak makanan sehat sendiri di rumah.

Makanan yang akan dikonsumsi harus memiliki gizi seimbang mulai dari karbohidrat, vitamin, protein dan mineral. Selain itu anda juga harus memastikan kebutuhan serat untuk tubuh anda tercukupi dengan mengonsumsi sayuran dan buah. Jika dirasa konsumsi makanan bergizi belum mencukupi maka anda bisa mengonsumsi suplemen penambah daya tahan tubuh untuk menunjang aktivitas diluar rumah.

3. Selalu Menjaga Kebersihan

Agar anda tidak mudah terserang virus selama new normal maka diusahakan untuk tetap menjaga kebersihan saat beraktivitas diluar. Usahakan ketika mandi menggunakan sabun anti-bakteri, karena kandungan anti-septiknya dapat memberikan perlindungan pada tubuh dari kuman. Jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker ketika keluar rumah.

Terserang Penyakit Saat New Normal MANDI

Selain itu, selalu jaga kebersihan tangan anda saat beraktivitas diluar dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun anti-bakteri atau dapat menggunakan hand sanitizer yang mengandung 70% alkohol dan moisturizer agar tangan tetap bersih dan lembab. Jika anda belum mencuci tangan atau tidak menggunakan hand sanitizer maka hindari untuk tidak menyentuh area wajah.

4. Meluangkan Waktu Untuk Me Time

Pemberlakuan new normal dapat menuntut anda kembali melakukan aktivitas meski di tengah pandemi yang mungkin dapat membuat stress. Stres akan memberikan efek buruk pada sistem kekebalan tubuh sehingga dapat menyebabkan sakit. Memastikan mental atau rohani tetap sehat merupakan hal yang sangat perlu untuk dilakukan. Untuk mengurangi stres bisa dengan mengalokasikan sedikit waktu untuk me time.

Me time tidak harus dengan keluar rumah atau pergi ke suatu tempat, tetapi me time juga bisa dilakukan dirumah dengan melakukan hal-hal yang membuat hati senang seperti mendengarkan musik, menggambar atau bahkan memasak. Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit saat menjalani hidup new normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *