Sering Diabaikan, Berikut 5 Saran Memilih Santan Agar Masakan Lezat Dan Bergizi

santan kemasan Bolehkah Bayi Mengonsumsi MPASI Mengandung Santan

Sebagai penduduk Indonesia, tentu anda sudah tidak asing ketika mendengar nama santan. Cairan berwarna putih susu ini terbuat dari parutan kelapa yang disaring. Sebenarnya santan memang mengandung lemak jenuh, tapi agar masakan tetap bergizi anda bisa memperhatikan pemilihan santan terbaik yang akan dijelaskan dalam ulasan berikut ini.

Cara Memilih Santan Kelapa Agar Makanan Tetap Bergizi Seimbang

1. Bedakan Penggunaan Buah Kelapa

Umumnya, santan terbuat dari buah kelapa tua karena memiliki daging yang tebal dan keras. Apabila anda menggunakan kelapa muda, dagingnya tidak akan mampu mengeluarkan cairan berwarna putih susu karena masih terlalu lunak. Kelapa muda lebih sering dikonsumsi secara langsung dan ditambahkan dengan perasan jeruk dan gula cair.

Santan kelapa

2. Perhatikan Cara Pengolahannya

Setelah memilih buah kelapa, anda perlu memperhatikan proses pengolahannya. Sebaiknya, olah santan kelapa di rumah agar kesegaran dan kebersihannya tetap terjamin. Mula mula, parutlah daging kelapa hingga kulitnya ikut terparut. Hal demikian dilakukan agar anda mendapatkan kandungan minyak kelapa yang menjadikan masakan lebih nikmat.

Seusai mencuci dan memarut kelapa, anda harus langsung mengolahnya. Pasalnya, kelapa yang sudah dibersihkan kebersihannya tidak akan bertahan dalam waktu yang lama. Untuk mendapatkan santan yang kental, rendam parutan buah kelapa ke dalam air panas dalam waktu kurang lebih setengah jam. Kemudian, anda bisa langsung memerasnya untuk mendapatkan santan.

3. Pilih Santan Sesuai Kebutuhan

Pemilihan santan, tidak boleh sembarangan. Sebagai saran, anda perlu memilih santan yang dapat menyesuaikan kebutuhan. Bagi anda yang ingin membuat makanan berat, sebaiknya pilih santan kelapa berumur tua. Untuk itu, anda harus mengetahui perbedaan kelapa tua dan muda. Umumnya, kelapa tua memiliki warna sedikit lebih gelap dengan sabut yang menipis.

Namun jika anda ingin membuat masakan yang tidak terlalu berat, bisa menggunakan buah kelapa yang tidak terlalu tua. Misalkan untuk pembuatan minuman, puding, atau biskuit maka anda bisa menggunakan kelapa muda yang dagingnya lebih lunak. Pemilihan santan yang sesuai kebutuhan secara otomatis dapat menyesuaikan nilai gizi sebuah masakan.

4. Santan Terbaik Beraroma Lebih Khas

Untuk mengidentifikasi kesegaran santan kelapa, anda bisa cek melalui aromanya. Santan yang masih segar cenderung memiliki aroma yang khas dan mudah dibedakan dengan santan yang sudah tidak segar. Umumnya, santan memiliki aroma yang gurih. Jika anda memilih santan kemasan, bisa melihat tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa di dalam kemasan.

santan kemasan miliki rambut sehat dan kuat dengan manfaat santan kelapa untuk rambut

Hindari pemilihan santan yang memiliki aroma tengik, apek, dan sedikit masam. Bisa jadi, santan kelapa tersebut sudah lewat tanggal penggunaannya alias basi. Penggunaan santan dengan ciri ciri demikian akan mempengaruhi cita rasa masakan yang anda buat. Selain itu, nilai gizi yang seharusnya terkandung dalam santan dapat berubah menjadi zat berbahaya.

5. Santan Instan Dalam Kemasan

Sebagai dampak dari kemajuan teknologi, kini hadir pilihan santan instan kemasan yang dapat memudahkan anda dalam hal memasak. Meski praktis dan dapat menghemat tenaga, anda juga perlu memperhatikan pemilihan santan kemasan ini. Usahakan memilih santan instan kemasan yang mereknya sudah terkenal di semua kalangan, perhatikan pula tanggal kadaluarsanya.

Itulah beberapa tips memilih santan yang perlu anda perhatikan. Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan pemilihan santan berkualitas untuk pembuatan makanan. Padahal, santan memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat membahayakan kesehatan. Namun dengan pemilihan dan pengolahan santan yang tepat, nilai gizi makanan tetap seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *