Penyakit Langka yang Sebabkan Al-Ghazali Kecelakaan, Ini Faktanya!

Penyakit Langka Erythema Multiforme Major

Ketika Al-Ghazali mengalami kecelakaan pada 18 September 2018 lalu, banyak orang yang menganggap bahwa kecelakaan Al-Ghazali disebabkan oleh pengaruh alkohol. Akan tetapi faktanya, putra sulung dari Ahmad Dhani dan Maia Estianty ini memiliki penyakit langka.

Penyakit langka tersebut dapat menjadikan penderitanya lemas seketika, linglung dan lunglai jika sudah kambuh. Penyakit langka tersebut bernama Erythema Multiforme Major. Lantas penyakit yang seperti apa EMM ini? Berikut faktanya yang perlu Anda tahu!

Fakta Penyakit Langka EMM Al-Ghazali

EMM adalah penyakit langka

Erythema Multiforme Major atau EMM merupakan penyakit kulit langka yang hanya akan terjadi pada 1 dari 1.500 orang di dunia ini. Penyakit yang bernama Erythema Multiforme Major ini lebih banyak ditemukan pada pria dibandingkan menyerang wanita.

Penyakit Langka Erythema Multiforme Major al ghazali masuk rs youtube com gosip terbaru

Orang – orang yang paling rentan mengalami Erythema Multiforme Major adalah populasi anak – anak di bawah usia 10 tahun dan populasi orang dewasa dengan usia di rentang 20 tahun sampai dengan 40 tahun. Erythema Multiforme Major merupakan penyakit yang sulit disembuhkan jika sudah mengenai seseorang.

Penyebab Erythema Multiforme Major

Penyakit Erythema Multiforme Major atau EMM merupakan penyakit yang penyebabnya masih belum diketahui sampai saat ini. Tak banyak penelitian yang membahas tentang Erythema Multiforme Major ini.

Akan tetapi beberapa ahli menyebutkan bahwa Erythema Multiforme Major merupakan sebuah penyakit yang timbul karena infeksi herpes simplex dan bisa terjadi secara turun temurun. Erythema Multiforme Major juga dapat disebabkan karena reaksi obat – obatan khusus seperti misalkan penggunaan obat anti radang non steroid, obat antibakteri, penisilin sampai dengan anasthesia.

Komplikasi Erythema Multiforme

Dalam dunia kedokteran, ada dua jenis EMM yang secara umum terjadi yaitu Erythema Multiforme Major dan Erythema Multiforme Minor. Erythema Multiforme Minor merupakan kondisi yang tidak mengancam nyawa dan dapat disembuhkan. Penderitanya harus istirahat total, menghindari hal- hal yang menyebabkan Erythema Multiforme kambuh dan menghindari konsumsi alkohol.

Penyakit Langka Erythema Multiforme Major ini

Sementara untuk Erythema Multiforme Major, jenis ini adalah EMM kondisi berat. Erythema Multiforme Major bisa menjadi penyebab seseorang mengalami Stevens Johnson Syndrome. Apa itu Stevens Johnson Syndrome?

Stevens Johnson Syndrome merupakan ruam atau benjolan yang menyerang bagian organ dalam penderita dan berpotensi menyebabkan kematian. Komplikasi EMM yang lebih parah dapat menyebabkan seseorang mengalami Toxic Epidermal Necrolysis dimana pada tahap ini gejala awal yang muncul bukan lagi ruam atau bentol saja. Melainkan kulit bisa mengelupas dan terasa nyeri.

Pengobatan Erythema Multiforme

Erythema Multiforme Minor merupakan suatu kondisi yang dapat diatasi dengan penggunaan obat antihistamin, ditambah dengan obat pereda nyeri dan steroid topical yang diolah. Sementara Erythema Multiforme Major termasuk kondisi ketika penderita mengalami Stevens Johnson Syndrome dan Toxic Epidermal Necrolysis dimana penanganan lanjutan dari dokter spesialis diperlukan. Jika Anda mengalami kondisi Erythema Multiforme Major ini, pastikan jangan Anda tunda untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Nantinya dokter akan memberikan penanganan terbaik untuk menyembuhkan Anda. Jika memang diperlukan terapi, dokter akan memberikan terapi yang cocok sesuai dengan gejala, kondisi kesehatan dan penanganan yang Anda butuhkan.

Itulah 4 fakta tentang penyakit langka yang dialami Al-Ghazali yang menjadikannya kecelakaan beberapa waktu lalu. Belajar dari kasus putra sulung Ahmad Dhani dan Maia Estianty ini, pastikan Anda berusaha mengenali kondisi kesehatan Anda sebelum beraktivitas utamanya mengemudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *