Pekerjaan yang Berkaitan dengan Advertising Agency

Advertising agency advertising

Advertising agency atau agensi periklanan merupakan sebuah jasa yang hadir diperuntukkan sebagai jawaban bagi usaha atau perusahaan yang ingin memasarkan produk atau brandnya secara lebih baik. Agensi periklanan akan membantu mempromosikan dan memperkenalkan produk dari brand tersebut dengan cara dan strategi yang dimiliki agar produk client dapat menguasai pasar.

Pekerjaan di bidang agensi periklanan sendiri ada banyak macamnya. Lantas, manakah yang ingin menjadi cita – cita Anda? Berikut daftar pekerjaannya yang mungkin bisa jadi cita – cita masa depan Anda!

Bidang Pekerjaan Advertising Agency

Account executive

Tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang account executive dalam agensi periklanan adalah menjadi jembatan antara perusahaan dengan client. Account executive memiliki wewenang untuk mengetahui keinginan client dan kemudian mengomunikasikannya dengan perusahaan agensi tempat divisi account executive bekerja.

Advertising agency

Nantinya jika sudah ditemukan ide – ide kreatif maka client berhak mendapatkan informasi dari account executive. Tantangan yang akan dihadapi oleh account executive adalah bagaimana cara yang dia lakukan untuk menyesuaikan idealis agensi dengan keinginan client. Oleh sebab itu posisi ini memiliki tugas yang berat dan harus diisi oleh orang yang mampu berkomunikasi dengan baik.

Creative director

Creative director bisa dikatakan merupakan pemimpin divisi kreatif. Creative director akan bertanggung jawab dalam memikirkan strategi kreatif yang sesuai antara idealis perusahaan dengan keinginan client. Creative director memiliki tuntutan agar dapat mengayomi divisi kreatif untuk bekerja dengan baik dan memberikan hasil yang mampu memuaskan client.

Graphic designer

Sesuai namanya, divisi graphic designer adalah bagian dimana orang akan membantu tim dalam pengerjaan berbagai hal yang berkaitan dengan desain grafis. Sesuai dengan berkembangnya zaman, pada beberapa agensi periklanan terdapat divisi ini yang memiliki tuntutan untuk memiliki skill desain grafis yang mumpuni.

Copywriter

Bisa dibilang bahwa copywriter adalah penulis iklan. Jadi seorang copywriter memiliki tugas untuk memikirkan dan menuliskan skenario iklan seperti apa yang cocok dengan suatu brand atau produk agar disukai target konsumen. Selain target market yang harus tertarik dengan skenario iklan yang dibuat, pastinya kepuasan client juga harus menjadi hal yang penting dipikirkan.

Media planner

Sesuai dengan namanya, media planner merupakan divisi yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk merencanakan media apa yang akan digunakan untuk beriklan. Media yang harus dipilih tersebut haruslah sesuai dengan produk yang nantinya akan diiklankan.

Social media officer

Social media officer merupakan pihak – pihak yang bertanggung jawab dalam menjalankan berbagai akun sosial media client. Mereka akan bertugas untuk melakukan perencanaan, penjadwalan postingan dan menjawab semua pertanyaan ajaib followers yang terkadang menjengkelkan. Seorang social media officer terkadang juga akan membuat kompetisi kecil – kecilan seperti giveaway atau lainnya untuk menarik minat followers demi meningkatkan engagement sosial media client.

Digital strategist

Digital strategist merupakan divisi dalam agensi periklanan yang memiliki tugas dan bertanggung jawab dalam mengatur strategi periklanan di dunia maya. Mereka akan menentukan pola iklan seperti apa yang cocok dengan suatu produk.

Advertising agency SEO Digital Agency

Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing

Tujuan Search Engine Optimization adalah membuat laman web client muncul di halaman pertama Google sehingga mudah dicari dan mendapatkan klik dari calon pembeli. Sementara tujuan Search Engine Marketing adalah memasarkan website client di mesin pencarian Google. Iklan biasanya akan langsung menyasar calon pembeli dengan menyesuaikan keyword pencarian.

Content writer

Seorang content writer memiliki tugas dan kewajiban untuk mengisi website client dengan tulisan yang mampu menarik minat pembeli sehingga tujuan dari Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing dapat terpenuhi.
Itulah beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan advertising agency. Kesemua bidang tersebut saling berkaitan dan memiliki kedudukan yang sama – sama penting dalam dunia agensi periklanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *