Menjaga Kesehatan Lansia Selama Masa Pandemi, Simak Tipsnya Disini

Menjaga Kesehatan Lansia

Masa pandemi seperti ini memang menyebabkan beragam dampak negatif kepada semua orang termasuk orang lanjut usia atau lansia. Apalagi mereka juga sangat rentan tertular virus corona. Maka dari itu para orang lanjut usia ini sangat dianjurkan untuk tinggal selalu di dalam rumah. Karena tidak ada yang tahu kapan masa pandemi akan berakhir, pastikan mereka dalam kondisi sehat. Simak tipsnya berikut.

Tips Menjaga Kesehatan Orang Lanjut Usia Selama Masa Pandemi

1. Usahakan Untuk Selalu Tenang dan Berpikir Positif

Bagi para orang lanjut usia, biasanya mereka akan selalu menonton tayangan jika berada di dalam rumah baik itu tayangan mengenai sinetron maupun berita terkini. Agar mereka tetap dalam kondisi yang sehat dan bahagia, maka usahakan tidak menonton tayangan yang menyedihkan. Cobalah untuk memilih tayangan positif serta yang membangkitkan semangat selama masa pandemi ini.

Menjaga Kesehatan Lansia pandemi

2. Usahakan Meminum Suplemen Secara Rutin

Untuk bisa menjaga kesehatan selama masa pandemi seperti ini biasanya orang orang akan selalu meminum suplemen, baik itu vitamin C ataupun vitamin lainnya. Hal ini juga berlaku untuk orang lanjut usia, mengingat tubuh mereka sangat rentan terkena virus terutama virus corona. Suplemen yang mengandung vitamin C dipercaya mampu mencegah dan mengobati infeksi pernapasan dengan meningkatkan berbagai fungsi sel kekebalan tubuh.

Sementara untuk suplemen yang mengandung vitamin E juga dipercaya memiliki manfaat bagi efek imunostimulan yang memberikan peningkatan resistensi terhadap infeksi. Sehingga vitamin E ini bisa meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh untuk menghindari dari berbagai penyakit. Kemudian untuk jenis vitamin lainnya juga memiliki beragam manfaat lainnya yang menguntungkan bagi kesehatan orang lanjut usia ini.

3. Usahakan Untuk Berjemur Dibawah Sinar Matahari

Sebenarnya tak hanya meminum suplemen berbagai vitamin saja, karena dengan berjemur di bawah sinar matahari secara langsung juga dipercaya bisa menangkal beragam virus yang akan masuk ke dalam tubuh. Tak heran jika pemerintahan menyarankannya untuk mencegah virus corona menular ke semua orang. Begitupun untuk orang lanjut usia, karena dengan berjemur akan meningkatkan jumlah sel darah putih dalam darah yang berperan untuk menghancurkan kuman dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Lansia covid

4. Usahakan Untuk Tetap Aktif Bergerak

Meski dianjurkan untuk selalu berada di dalam rumah, tetapi orang lanjut usia juga harus tetap aktif bergerak dan bekerja. Apapun itu aktivitasnya yang paling penting mereka tetap bergerak. Misalnya saja melakukan aktivitas keseharian seperti memasak, mencuci pakaian, membersihkan rumah, berolahraga, membaca, atau yang lainnya. Tujuan utamanya tentu untuk menjaga kualitas otot tetap aktif serta meningkatkan mobilitas dan keseimbangan tubuh.

5. Usahakan Untuk Sabar dan Terus Berdoa

Mengingat kondisi pandemi seperti ini tidak ada yang tahu kapan berakhir, maka dari itu orang lanjut usia agar selalu sabar dan terus berdoa. Pentingnya bersabar dan berdoa ini juga bisa menyebabkan hati menjadi lebih tenang. Tak hanya itu, dengan sabar dan terus berdoa juga akan menjauhkan lansia dari stres yang akan merusak kesehatan mereka. Stres juga bisa memicu berbagai penyakit seperti stroke, asma, darah tinggi, serta penyakit lainnya.

Dengan melakukan berbagai tips diatas, maka dapat dipastikan orang lanjut usia akan dalam kondisi sehat serta bahagia selama masa pandemi. Jangan lupa juga untuk selalu memeriksakan bagaimana kondisi kesehatannya ke dokter secara rutin. Karena tidak ada yang tahu virus ini akan menular kapan dan dimana. Ketika berada di luar rumah juga usahakan untuk selalu mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan seperti jaga jarak dan memakai masker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *