Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Ethereum

ETH to IDR

Beberapa dari berbagai kalangan sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ethereum yang saat ini memiliki harga Rp. 23,059,942.40 dari ETH to IDR. Ethereum adalah sebuah platform untuk menciptakan desentralisasi aplikasi internet yang bekerja atas dasar kontrak cerdas.

Ethereum melakukan apa saja yang dapat di program yang sering disebut juga dengan cryptocureency 2.0 yang diluncurkan oleh anak berusia 20 tahun bernama Vitaly Buterin. Platform ini mampu mempengaruhi beberapa prinsip struktur internet. Ethereum merupakan salah satu platform fondasi untuk era baru internet dimana uang dan pembayaran tersedia dari awal tanpa perantara, yang dimana pengguna dapat memiliki data mereka sendiri dan setiap aplikasi apapun yang dimiliki tidak dapat mengintai dan mencuri. Salah satu platform yang bersifat open source yakni terbuka untuk semua orang tidak dikontrol oleh sebuah perusahaan atau orang tertentu dan tentunya dapat mengakses sistem keuangan yang terbuka.

apa itu ethereum

Pencipta Ethereum ini adalah Vitalik Buterin yang merupakan seorang programmer dari Toronto yang memiliki ketertarikan pada konsep jaringan Blockchain Bitcoin. Vitalik Buterin bersama denga seorang temannya juga pernah mendirikan situs website berita online yang menulis artikel mengenai Bitcoin. Lalu akhirnya memutuskan untuk belajar tentang pemrogaman dark wallet dan pasar. Lalu ia mendapat ide untuk membangun sebuah platform desentralisasi dan mempublikasikan whitepapernya tahun 2015 yang disebut Ethereum. Ethereum ini didirikan pada tahun 2015 dan menjadi salah satu blockchain terkemuka di dunia yang dapat diprogam secara mudah melalui jaringan internet. Ethereum disingkat sebagai ETH yang merupakan uang digital namun berbeda dengan Bitcoin karena memiliki sryptcurrency sendiri yang disebut Ether. Namun memiliki fitur yang sama dengan Bitcoin. Ethereum merupakan uang yang murni digital dan dapat dikirimkan kepada setiap orang di manapun secara instan karena hanya membutuhkan sebuah platform khusus dan jaringan internet. Ethereum tidak seperti Blockchain karena dapat melakukan lebih banyak lagi. Ethereum dapat diprogam dalam arti setiap developer dapat menggunakannya untuk membangun aplikasi jenis baru yang saat ini telah banyak beredar seperti wallet, aplikasi finansial, decentralized markets, games dan lain sebagainya.

ETH to IDR Ethereum adalah

Perlu diingat bahwa ethereum ini tidak ada perusahaan atau organisasi yang menjadi pusatnya untuk mengendallikan Ethereum, karena Ethereum dikelola dan diperbarui dari waktu ke waktu oleh komunitas kontributor global yang beragam dimana mengerjakan segala hal mulai dari protokol inti hingga aplikasi untuk konsumen. Cara kerja dari ethereum blockchain ini memiliki konsep dasar yang hampir sama dengan bitcoin. Perbedaannya hanya terletak pada node yang merupakan simpul jaringan yag digunakan pada Ethereum yang sistem kerjanya tidak hanya transaksi terkait dengan ETH yang disimpan melainkan juga status terbaru dari smart contract. Konsep smart contact sendiri sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1993 yang diinisiasi oleh seorang ilmuwan komputer dan kriptografi bernama Nick Szabo. Setiap contract yang ada di dalam jaringan tetap akan dilacak informasi yang terbaru misalnya saldo, kode di dalamnya dan lain sebagainya. Ethereum juga memiliki akun untuk membuat transaksi loh yang nantinya disimpan pada dompet tertentu dan dapat diangkut pada akun lain tetapi tidak memiliki hubungan berkelanjutan. Dalam jaringan ini yang nantinya untuk memproses transaksi, contract ditulis dalam sebuah smart contract spesifik yang dijalankan dengan bytecode yang bahasanya hanya bisa dibaca dan dieksekusi oleh Ethereum Virtual Machine yang disingkat EVM. Hal ini yang membuat jaringan Ethereum tidak bisa dimanipulasi. Mungkin itu sedikit ulasan mengenai Ethereum. Saat ini harga ethereum ke rupiah Rp. 23.059.942.40. Barangkali beberapa dari anda berminat mencoba ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *