Ketahui Cara Cuci Baju dengan Tangan yang Benar untuk Perawatan Baju Khusus

Cara cuci baju dengan tangan kena kopi

Zaman sekarang hampir semua orang mencuci baju dengan mesin. Pasalnya, mencuci dengan mesin prosesnya jauh lebih cepat dan hemat waktu. Selain itu, pakaian yang dicuci dengan mesin juga dijemur dalam keadaan setengah kering sehingga hanya perlu diangin-anginkan saja. Namun, ada beberapa tipe dan bahan pakaian yang kurang cocok jika dicuci dengan mesin. Pakaian-pakaian tersebut adalah pakaian yang berbahan halus seperti renda, satin, dan sutra.

Selain itu, pakaian yang terbuat dari bahan wol atau serat sejenis yang mudah kerut, pakaian yang warnanya mudah luntur dan pakaian dengan noda membandel. Jenis pakaian tersebut sebaiknya dicuci manual dengan tangan. Sebelum mencuci dengan tangan anda juga sebaiknya mengikuti petunjuk perawatan pada label pakaian. Karena ada beberapa pakaian yang tidak perlu dikucek. Berikut ini adalah cara cuci baju dengan tangan yang benar.

1.Siapakan Air dalam Ember

Anda memerlukan paling tidak dua ember. Satu untuk merendam pakaian dan satu lagi untuk menaruh pakaian yang sudah dikucek. Pertama-tama, taruh pakaian yang hendak ada cuci di dalam ember. Setelah itu isi ember dengan air dingin sampai menutupi seluruh permukaan pakaian. Penggunaan air panas atau hangan tidak disarankan karena bisa membuat bahan pakaian berkerut. Kalau anda hendak menghilangkan noda membandel, ada cara khusus untuk mengatasinya. Jika sudah diisi dengan air setelah itu masukkan detergen. Pilih detergen yang ramah lingkungan dan aman untuk pakaian dengan bahan sensitif. Setelah itu kocok-kocok air hingga detergen berbusa lalu diamkan selama 20-30 menit.

Cara cuci baju dengan tangan Mencuci Baju Air Mengalir

2.Kucek Pakaian

Kucek pakaian menggunakan tangan secara lembut. Anda tidak perlu menggunakan alas kasar untuk mengucek pakaian. Cukup kucek 2 sampai 3 kali saja setelah itu taruh ke dalam ember satunya. Lakukan proses ini sampai semua pakaian selesai. Jika sudah, isi ember yang berisi pakaian dengan air dingin. Lalu bilas pakaian-pakaian tersebut dengan cara diperas. Lakukan proses ini sampai seluruh pakaian habis.

3.Menggunakan Pewangi

Langkah selanjutnya adalah merendam pakaian dengan pewangi. Tujuannya supaya pakaian lebih lembut dan wangi. Sebenarnya langkah ini opsional saja. Jika anda tidak mau merendam pakaian dengan pewangi, maka anda bisa langsung menjemur pakaian-pakaian tersebut. Anda yang ingin merendam pakaian dengan pewangi, ikuti langkah-langkah berikut. Taruh pakaian dalam ember kosong, isi air sampai menutupi permukaan pakaian. Lalu tuang pewangi ke dalamnya. Aduk hingga rata dan tunggu selama 15-20 menit. Jika sudah, pakaian anda siap dijemur. Anda bisa menjemur menggunakan hanger, menggantungnya, atau menaruhnya di permukaan rata. Jangan lupa untuk memeras pakaian terlebih dahulu supaya proses penjemuran bisa lebih cepat.

Cara cuci baju dengan tangan

Khusus untuk anda yang bermasalah dengan noda membandel, basahi terlebih dahulu noda dengan air. Jika perlu, anda bisa menaruh detergen atau menggunakan air hangat khusus pada bagian noda tersebut. Dengan begitu diharapkan noda menjadi lebih mudah dihilangkan. Jika anda memiliki pakaian yang mudah luntur, sebaiknya proses mencuci dengan tangan disendirikan. Karena dikhawatirkan warna pakaian tersebut akan luntur dan melunturi pakaian-pakaian yang lain. Jika sudah begini, anda tidak bisa memakai pakaian yang warnanya kelunturan. Kesimpulannya cara cuci baju dengan tangan sebenarnya simpel dan berguna untuk mencuci baju dengan kondisi khusus. Kini anda tidak perlu bingung kalau memiliki baju yang mudah rusak atau mudah mengerut karena sudah tahu cara yang benar mencuci baju dengan tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *