Kemendikbud Beri Bantuan Untuk Mahasiswa Terdampak Covid-19 ? Cek Disini

Bantuan Untuk Mahasiswa Terdampak

Pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini dan tak sedikit yang terkena dampak dari wabah ini termasuk para mahasiswa. Selain kegiatan perkuliahan yang dilakukan secara daring, dampak utama lainnya yang tentu dirasakan adalah dari sisi finansial. Karena mereka harus tetap membayar uang kuliah yang tak sedikit jumlahnya sedangkan orang tua ada yang sudah tidak bekerja bahkan di PHK. Berikut bantuan pemerintah untuk mahasiswa terdampak Covid-19.

Keringan Untuk Mahasiswa Yang Diberikan Oleh Kemendikbud

1. UKT Dapat Disesuaikan

Dalam hal ini kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) telah meluncurkan sederet kebijakan agar kegiatan belajar tetap lancar. Secara umum, kebijakan yang diluncurkan oleh Kemendikbud salah satunya adalah penyesuaian Uang Kuliah Tunggal (UKT). Untuk penyesuaian UKT, pemerintah menuangkan aturannya dalam Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 25 tahun 2020.

Bantuan Untuk Mahasiswa Terdampak Covid

Peraturan yang dikeluarkan tersebut berisi tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi dan Perguruan Tinggi Negeri. Tujuan dari aturan tersebut adalah untuk memberikan keringanan UKT bagi mahasiswa perguruan tinggi negeri yang menghadapi kendala finansial selama masa pandemi Covid-19. Pembayaran UKT dapat disesuaikan dengan pendapatan orang tua selama masa pademi.

Karena tak sedikit orang yang harus kehilangan pekerjaan dan tidak memiliki penghasilan akibat adanya wabah virus corona. Dengan adanya bantuan UKT yang bisa disesuaikan dengan pendapatan orang tua setidaknya dapat membantu meringankan beban dari mahasiswa dan orang tuanya. Selain itu, mahasiswa juga tak perlu mengambil cuti dengan alasan belum bisa membayar uang semester karena pemerintah sudah memberi keringanan.

2. Untuk Mahasiswa Yang Sedang Cuti Tidak Wajib Membayar UKT

Saat masa pandemi tak sedikit mahasiswa yang mengambil cuti kuliah agar tidak membayar UKT sepenuhnya. Uang kuliah yang sangat mahal membuat mahasiswa berpikir dua kali antara lanjut kuliah atau mengambil cuti hingga pandemi berakhir dan bahkan ada yang sampai putus kuliah karena kondisi perekonomian orang tua sudah tidak memungkinkan untuk membayar uang kuliah.

Karena banyaknya keluhan yang dirasakan oleh mahasiswa sehingga kemendikbud memberikan keringanan terkait Uang Kuliah Tunggal (UKT). Mahasiswa tidak wajib membayar UKT jika sedang mengambil cuti kuliah atau tidak mengambil satuan kredit semester (SKS) sama sekali. Misalnya mahasiswa yang sedang menunggu kelulusan atau yang sudah mengikuti yudisium.

3. Mahasiswa Semester Akhir Hanya Membayar Paling Tinggi 50% UKT

Bagi mahasiswa yang hanya memprogram skripsi maka uang kuliah paling tinggi yang harus dibayar adalah 50% dari UKT. Hal itu dikarenakan mereka sudah tidak mengikuti masa perkuliahan dan hanya tinggal skripsi. Pemerintah menegaskan bahwa mahasiswa semester akhir yang hanya mengambil skripsi akan merasa terbebani jika harus membayar UKT penuh. Keringanan ini juga berlaku bagi mahasiswa yang hanya mengambil <6 SKS. Bantuan Untuk Mahasiswa Terdampak

4. Pimpinan Perguruan Tinggi Dapat Memberikan Keringanan Atau Memberlakukan UKT Baru

Bagi perguruan tinggi swasta biasanya sedikit berbeda dengan kebijakan untuk perguruan tinggi negeri, karena pengelolaannya sudah bukan diatur oleh negara. Pimpinan perguruan tinggi dapat memberikan keringanan atau bahkan bisa memberlakukan UKT baru selama masa pandemi. Rata-rata perguruan tinggi swasta hanya memberikan potongan 50% dari UKT awal dan bagi mahasiswa semester akhir hanya diwajibkan membayar uang registrasi saja.

Melalui kebijakan-kebijakan tersebut, pemerintah berharap mahasiswa merasakan manfaatnya. Manfaat yang dimaksud yaitu kuliah tetap lancar selama pandemi, hemat biaya saat tidak menikmati fasilitas dan layanan kampus, fleksibilitas untuk mengajukan keringanan UKT serta penghematan di masa akhir kuliah. Itulah beberapa keringanan yang diberikan Kemendikbud untuk para mahasiswa terdampak Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *