Jangan Dicuci dengan Mesin, Inilah Cara Mencuci Celana Jeans Mudah dan Cepat

Cara mencuci celana jeans Denim Jeans Hanging

Jeans sudah menjadi fashion sehari-hari. Berbagai usia mengaku lebih suka menggunakan celana jeans mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Mengenakan celana jeans memang membuat penampilan lebih modis. Selain itu, celana jeans juga hadir dengan berbagai model mulai dari cut bray, skinny, boyfriend, dan ripped. Tidak heran jika celana jeans menjadi favorit banyak orang.

Tahukah anda bahwa mencuci celana jeans tidak boleh sembarangan. Bahkan, mencuci celana ini sebaiknya tidak dilakukan dengan mesin cuci. Tidak bisa dipungkiri banyak orang yang mencuci celana jeans menggunakan mesin cuci karena bahan jeans sendiri berat terutama jika dicuci dengan tangan. Padahal, mencuci jeans dengan tangan tidak repot dan susah karena terdapat beberapa perbedaan. Jika anda menggunakan cara yang salah untuk mencuci celana jeans, secara tidak sadar anda akan membuatnya cepat rusak. Agar tetap awet, berikut akan dibahas cara mencuci celana jeans dengan benar.

1.Intensitas Mencuci

Berbeda dengan pakaian lain, celana jeans sebaiknya tidak perlu sering dicuci. Anda disarankan mencuci celana ini dalam waktu 1 sampai 2 bulan. Terlalu sering mencuci celana jeans bisa membuat bahannya menjadi melar dan warna cepat pudar.

Cara mencuci celana jeans

2.Cara Pencucian

Anda tidak disarankan mencuci celana jeans dengan mesin cuci karena dikhawatirkan akan merusak bahan. Sebaiknya, anda mencuci celana jeans dengan tangan. Caranya sangat mudah, rendam celana dengan detergen. Pastikan bukan detergen yang mengandung pemutih. Perbedaan memendam celana jeans dalam air detergen terletak pada durasinya. Anda bisa merendam celana ini selama 45 menit hingga 1 jam. Hal ini ditujukan agar detergen bekerja maksimal menembus bahan jeans yang tebal.

3.Tidak Perlu Disikat

Karena sudah direndam dalam durasi yang lama, celana jeans tidak perlu disikat. Cukup dikucek saja dari bagian atas hingga bawah celana. Setelah itu, bilas air dengan air bersih hingga sisa-sisa detergen hilang. Jika masih ada detergen yang tersisa, anda bisa merasa sedikit gatal terutama para pemilik kulit sensitif. Langkah selanjutnya adalah anda bebas bisa merendamnya di dalam air pewangi atau langsung menjemurnya. Jika ingin merendam dalam air pewangi maka taruh celana jeans dalam ember berisi pewangi selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu jemur.

Cara mencuci celana jeans

4.Cara Menjemur Jeans

Sebaiknya anda menggunakan hanger untuk menjemur celana jeans supaya tidak ada bagian yang tertekuk. Banyak orang yang tidak sabar karena bahan jeans yang tebal lama untuk kering. Sehingga, anda menjemurnya dibawah sinar matahari. Padahal, menjemur celana jeans dibawah sinar matahari langsung bisa membuat warnanya cepat pudar. Selain itu, bahan jeans juga akan mengkerut. Sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung. Jemur jeans di tempat yang rindang.

Empat poin di atas adalah penjelasan tentang cara mencuci celana jeans dengan benar. Ternyata, mencuci celana jeans dengan tangan tidak susah karena anda tidak perlu menyikatnya seperti pada pakaian-pakaian lain. Setelah selesai dicuci, anda sebaiknya juga mengetahui bagaiamana cara menyimpan celana jeans supaya lebih awet. Jika sudah kering, hal pertama yang biasa anda lakukan pada pakaian-pakaian lain adalan menyetrikanya. Anda tidak perlu melakukan hal ini pada celana jeans. Karena, menyetrika celana akan membuat bahannya mengkerut dan cepat rusak. Selain itu, anda juga tidak disarankan melipat celana jeans. Melipat celana jeans akan menimbulkan bekas lipatan pada bagian luar. Untuk penyimpanan, cukup digantung dengan hanger saja. Dengan begitu, diharapkan celana jeans anda lebih awet dari segi bahan dan warna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *