Hindari Warna Cat Motor Luntur, Ini Cara Mudah Bisa Dilakukan Sendiri

Cat motor kusam Tips Agar Bodi Motor Tak Kusam

Cat motor kusam tentu kurang enak dipandang. Mengapa cat motor bisa menjadi kusam? Ada beberapa faktor yang menyebabkan perubahan warna pada cat motor. Beberapa diantaranya adalah paparan sinar matahari, debu, dan terkena air hujan. Untuk menjaga cat motor tetap mengkilap, anda bisa melakukan beberapa cara. Cara-cara yang akan dijekaskan dibawah tidak memakan banyak dana, hanya membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan.

1.Mengelap body motor

Salah satu cara paling sederhana yang bisa anda lakukan adalah mengelap body motor. Cara ini memang sangat simpel tapi ternyata memiliki pengaruh untuk menjaga keawetan warna. Motor yang anda gunakan setiap hari pastilah terkenal polusi dan debu. Untuk menghilangkan tumpukan debu dan polusi pada body motor, anda bisa mengelapnya. Laplah motor dengan kain bersih atau bisa juga menggunakan kanebo. Jangan mengelap motor dengan kain kotor karena justru akan membuat body motor semakin kotor.

Cat motor kusam Tahan Bensin

2.Mencuci motor

Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah mencuci motor. Cuci motor secara berkala atau setiap kali setelah digunakan untuk perjalanan jauh. Mencuci motor bisa dilakukan di tempat pencucian motor ataupun mandiri. Jika anda lebih suka mencuci motor mandiri, selalu ingat agar tidak menggunakan detergen. Kandungan dalam detergen justru membuat cat motor cepat mengelupas. Anda bisa menggunakan shampoo khusus motor.

3.Menggunakan kompon dan poles

Kedua benda ini bisa mengkilapkan cat motor sekaligus menghilangkar goresan dangkal pada body. Caranya juga sangat mudah. Oleskan kompon pada body motor lalu gosok dengan kain. Gunakan gerakan memutar saat menggosok. Tapi, jangan menggunakan kompon terlalu banyak. Gunakan kompon pada daerah yang terdapat goresan saja. Jika anda menggunakan kompon terlalu banyak hal itu bisa memicu cat terkelupas. Setelah menggosok kompon, anda bisa menggunakan poles atau gel supaya warna mengkilap motor kembali. Tips penting agar tidak ada debu atau kotoran yang ikut tergosok, anda bisa melakukan cara ini setelah mencuci motor. Sehingga motor benar-benar dalam keadaan bersih.

4.Menggunakan skotlet

Jika anda ingin keamanan ekstra untuk body motor, anda bisa menggunakan skotlet. Skotlet merupaka stiker dengan macam-macam bentuk seperti animasi, batik, bahkan transparan. Skotlet mampu melindungi body motor karena menutupi dengan stiker-stiker tersebut. Dengan memasang skotlet, anda juga membuat cat motor menjadi lebih tahan lama. Jika tertarik, skotlet bisa mudah ditemukan bahkan beberapa penjual menjualnya di pinggir jalan.

Cat motor kusam

5.Membersihkan komponen metal

Selain bagian body, komponen metal pada motor juga patut diperhatikan. Dengan merawat komponen metal, motor anda bisa terlihat seperti baru. Contoh komponen metal pada motor yaitu pelek dan knalpot. Bagaimana cara merawatnya? Anda bisa melakukan pembersihan secara berkala dengan menggosok menggunakan sikat kawat. Hal ini bisa mencegah timbulnya karat pada komponen-komponen tersebut.

Tips terakhir agar cat motor tidak mudah kusam adalah memilih tempat parkir yang tepat. Mungkin sebagian dari anda tidak peduli dimana memarkirkan motor. Padahal, dengan memilih tempat parkir yang terlindung dari hujan dan sinar matahari secara langsung juga merupakan upaya untuk menjaga cat motor. Sehingga, anda tidak perlu lagi khawatir dengan cat motor kusam. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *