Deskripsi Tentang Asuransi Jiwa

produk asuransi jiwa

Saat ini, kesadaran tentang perlunya untuk menggunakan asuransi mulai meningkat. Hal ini dikarenakan semakin banyak masyarakat yang ingin mengatur keuangan mereka dan mengurangi resiko yang mereka hadapi ketika terjadi sesuatu. Hal inilah yang mendorong masyarakat untuk menggunakan jasa asuransi. Secara umum, asuransi adalah suatu layanan yang akan bertanggung jawab terhadap kerugian yang dialami oleh nasabah ketika terjadi suatu kecelakaan maupun sebagai jaminan di masa tua. Asuransi terdiri dari berbagai jenis. Salah satu jenis asuransi yang banyak dipilih oleh masyarakat adalah asuransi jiwa. Apa yang dimaksud dengan asuransi jiwa?

Secara umum, asuransi jiwa adalah layanan perlindungan terhadap keluarga tertanggung jika yang bersangkutan mengalami musibah kematian. Sehingga, jika seorang anggota keluarga yang menjadi tulang punggung dan sudah didaftarkan dalam program asuransi jiwa, maka keluarga yang bersangkutan akan mendapatkan bantuan terhadap kerugian tersebut. Sehingga, keluarga yang ditinggalkan dapat menjalani kehidupannya dengan baik. Asuransi jiwa memiliki banyak produk. Setiap produk memiliki kebijakannya masing – masing. Secara umum, produk asuransi jiwa dapat dibedakan menjadi beberapa macam yaitu Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance), Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance), Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance), dan Asuransi Unit Link. Berikut ini penjelasan singkat mengenai produk asuransi tersebut. 

produk asuransi jiwa

Asuransi Jiwa Berjangka atau Term Life Insurance merupakan suatu produk asuransi yang akan memberikan bantuan tanggungan selama jangka waktu tertentu sesuai dengan yang ada di policy term. Asuransi ini juga terdiri dari beberapa macam yaitu Asuransi Jiwa Berjangka Dengan Uang Pertanggungan Tetap (Level Term Life Insurance), Asuransi Jiwa Berjangka Dengan Uang Pertanggungan Menurun (Decreasing Term Life Insurance), dan Asuransi Jiwa Berjangka Dengan Uang Pertanggungan Meningkat (Increasing Term Life Insurance). Nantinya, manfaat dari asuransi jiwa ini akan diberikan dalam dua kondisi yaitu ketika tertanggung meninggal dunia dalam jangka waktu yang sebelumnya telah ditetapkan serta ketika polis dari asuransi tersebut masih berlaku ketika tertanggung meninggal dunia. Polis asuransi jenis ini akan berakhir jika yang tertanggung masih hidup hingga jangka waktu yang telah ditentukan serta keluarga tidak melanjutkan tanggungan tersebut. 

Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance) merupakan salah satu produk asuransi jiwa yang memiliki dua macam ketentuan yang spesifik. Ketentuan pertama adalah selam polis masih berlaku atau (in force) maka tertanggung selama hidupnya akan ditanggung oleh asuransi. Sedangkan ketentuan yang kedua adalah jasa asuransi akan memberikan pertanggungan asuransi dan ada unsur tabungan dalam policy term yang dibuat. Bentuk dari Whole Life Insurance ada dua yaitu Asuransi Jiwa Seumur Hidup Tradisional (Traditional Whole Life Insurance), Last Survivor Life Insurance, dan Asuransi Jiwa Seumur Hidup Gabungan (Joint Whole Life Insurance). 

produk asuransi jiwa anda

Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance) adalah satu produk asuransi yang memiliki kebijakan tertentu. Salah satunya adalah pihak asuransi harus membayarkan uang pertanggungan kepada tertanggung berdasarkan maturity date yang telah ditetapkan. Umumnya, maturity date ditetapkan berdasarkan jangka waktu yang telah ditetapkan atau ketika tertanggung mencapai usia tertentu. Sementara itu, Asuransi Unit Link merupakan suatu produk asuransi yang memungkinkan tertanggung untuk mendapatkan manfaat asuransi dan investasi. Mengapa? Setiap tertanggung yang membayarkan premi, maka premi tersebut akan dibagi menjadi dua yaitu premi proteksi dan premi investasi. Sehingga, tertanggung akan mendapatkan perlindungan asuransi sekaligus hasil dari investasi yang telah dibayarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *