Cegah Infeksi Virus Corona, Berikut 6 Pengganti Salaman Yang Bisa Dilakukan

Salaman Yang Bisa Dilakukan namaste salam

Berjabat tangan menjadi salah satu penyebab penularan virus Corona dari satu orang ke orang lain. Sebab, ketika dua orang berjabat tangan maka berpotensi akan menempelkan virus, bakteri ataupun kuman yang ada di tangan dan tak terkecuali virus Corona. Lalu bagaimana bagaimana cara kita agar tetap saling menyapa ? Berikut 6 pengganti salaman yang bisa anda lakukan saat ingin menyapa orang.

Salam Pengganti Jabat Tangan Yang Bisa Dilakukan

1. Namaste

Gerakan namaste dikenal dalam olahraga yoga. Umumnya orang yang selesai latihan yoga akan mengucapkan namaste dengan diikuti gerakan menyilangkan kedua tangan di dada. Oleh karena itu namaste dapat digunakan sebagai pengganti jabat tangan yang biasa dilakukan oleh sebagian besar orang. Akan tetapi, jangan memberi salam namaste secara mendadak apalagi ketika bertemu saat berjalan.

Salaman Yang Bisa Dilakukan salam ala india

Ketika namaste anda lakukan secara mendadak, maka ditakutkan orang yang anda sapa telah mengulurkan tangan terlebih dahulu untuk berjabat tangan sehingga dapat menimbulkan ketersinggungan. Cara berjabat tangan satu ini juga tidak memerlukan kontak fisik satu sama lain sehingga aman untuk dilakukan oleh siapa saja, baik anak kecil maupun orang tua.

2. Lambaikan Tangan

Gerakan mengangkat tangan dan membuka lima jari menyerupai lambaian tangan sangat cocok untuk rekan sejawat atau orang yang sudah akra dan cara ini tidak membutuhkan kontak fisik satu sama lain. Biasanya saat melambaikan tangan, orang-orang akan mengucapkan kata “halo” atau “hai”. Salam ini tidak bisa dilakukan untuk menyapa orang yang lebih tua atau orang yang sangat dihormati karena terkesan kurang sopan.

3. Salam Dari Hati

Salam dari hati juga bisa menjadi alternatif pilihan sebagai pengganti salaman. Caranya sangat mudah yaitu cukup dengan meletakkan telapak tangan di tangan kanan dan kiri kemudian membungkuk. Cara menyapa satu ini tidak memerlukan kontak fisik satu sama lain sehingga lebih aman dan potensi untuk bertukar bakteri dan virus tidak akan terjadi.

4. Menunduk Atau Membungkukkan Badan

Membungkuk atau menundukkan badan merupakan bentuk penghormatan dan salam yang sering dijumpai di negara Asia Timur seperti Jepang dan Korea. Selain untuk menyapa, sikap membungkuk dan menundukkan badan ini juga digunakan sebagai ucapan terima kasih atau permisi. Salam satu ini juga sudah banyak dilakukan oleh orang Indonesia sebagai pengganti jabat tangan.

5. Senyum

Cara mudah untuk menyapa tanpa harus berjabat tangan adalh dengan ekspresi wajah yaitu tersenyum. Selain sebagai bentuk salam, tersenyum juga menunjukkan keramahan dan bisa membuat lawan bicara merasa tenang saat berhadapan dengan anda. Senyum bisa anda lakukan untuk semua orang, karena cara menyapa satu ini sangat terkesan sopan meskipun dilakukan untuk orang yang lebih tua.

Salaman Yang Bisa Dilakukan salam china

6. Gong Shou

Gong Shou merupakan cara menyapa yang umum digunakan orang Cina. Biasanya mereka menyapa dengan mengepalkan salah satu tangan dan mempertemukannya dengan telapak tangan lain yang terbuka. Lawan bicara pun akan melakukan hal yang sama sebagai bentuk balasan salam tersebut. Tentu cara ini tidak membutuhkan kontak fisik satu sama lain sehingga potensi untuk bertukar virus atau bakteri tidak akan terjadi.

Virus Corona dapat menyebar ketika droplet atau tetesan batuk sampai di tangan, kemudian virus akan menyebar ketika berjabat tangan dengan orang. Oleh karena itu WHO menyarankan untuk menghindari berjabat tangan agar penularan virus bisa dicegah. Itulah beberapa salam pengganti jabat tangan yang bisa anda lakukan saat ingin menyapa orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *