Cara Mengatasi Mobil Overheat Secara Mudah

cara mengatasi mobil overheat Hal Yang Perlu Dilakukan Apabila Mengalami Overheat

Mobil yang mengalami overheat dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Jika Anda mengalami masalah yang satu ini, sebenarnya ada beberapa cara mengatasi mobil overheat yang bisa Anda lakukan sendiri.

Dengan mengetahui informasi ini, ketika mobil overheat tiba – tiba jika digunakan tentunya menjadikan Anda sudah tidak perlu bingung lagi bagaimana mengatasinya. Informasi selengkapnya tentang tips yang tepat untuk mengatasi mobil yang mengalami overheat bisa Anda simak dalam ulasan di bawah ini!

Cara Mengatasi Mobil Overheat Paling Mudah

Pertama, buka kap mesin

Agar panas dari dalam mesin cepat menyingkir, biarkan kap mesin terbuka. Cari tuas kecil untuk membuka kap mesin dan angkat. Anda juga perlu berhati – hati melakukan hal ini karena terkadang tuas berada di dekat radiator sehingga aka nada resiko Anda tersengat panas radiatornya.

cara mengatasi mobil overheat penyebab mesin cepat panas

Jangan buka tutup radiator jika mesin masih dalam kondisi panas

Jika Anda membuka tutup radiator ketika mesin mobil masih dalam kondisi panas, hal ini dapat menjadi penyebab uap dan air bertekanan tinggi nantinya akan lepas dan dapat mengakibatkan terjadinya luka bakar serius jika mengenai Anda.

Lakukan pemeriksaan pada tabung cadangan air radiator dan lakukan pengisian jika perlu

Pada masing – masing mobil pastinya memiliki cadangan air radiator yang akan terhubung ke bagian atas radiator. Inilah yang nantinya akan membantu Anda melihat apakah air radiator kurang atau tidak. Juga terdapat indikator ketinggian air sehingga jika dirasa masih kurang bisa Anda tambah karena jika tidak akan menyebabkan mesin overheat.

Ketika air radiator di bawah posisi normal, tambahkan cairan pendingin sampai posisi garis atas. Kemudian isi air di tabung bisa dalam kondisi panas atau menunggu dingin. Jika mobil Anda hanya memiliki radiator tanpa tabung cadangan, Anda harus menunggu sampai dingin sebelum membukanya.

Cari kebocoran yang terdapat di sistem pendingin mobil

Jika kepala silinder atau radiator mengalami kerusakan, periksalah mesinnya, radiator, blok mesin atau kepala silinder di dekat gasket. Jika Anda tidak paham, Anda bisa bawa mobil ke bengkel yang paling dekat dan minta agar mereka melakukan tes tekanan pada bagian sistem pendingin. Pemeriksaan ini bisa dilakukan secara gratis.

cara mengatasi mobil overheat Toyota Radiator Cooling System Spare Parts

Putuskan apakah mobil bisa tetap jalan atau Anda butuh bantuan

Jika radiator hanya kekurangan cairan dan Anda bisa mengisinya, Anda bisa isi sendiri dan tidak perlu memanggil bantuan. Akan tetapi jika kondisi yang Anda alami parah maka Anda perlu memanggil bantuan. Kondisi overheat pada mobil bisa dikatakan parah jika air terlihat habis sama sekali dan tak ada yang tersisa.

Dalam berkendara pada mobil yang kondisinya overheat, tips yang perlu Anda jalankan meliputi :

Pertama – tama matikan dulu ACnya
Kemudian nyalakan heater untuk mengurangi panas mesin
Awasi selalu petunjuk temperatur mesin
Matikan mesin, akan tetapi putar kunci kembali ke posisi ‘on’ supaya kipas radiatornya bisa tetap berputar untuk digunakan mendinginkan air radiator.
Jalankan mobil dengan stabil
Jangan jalan pada kondisi jalan yang masih macet. Jika Anda menemui jalanan yang macet sebaiknya Anda menepi untuk menghindari kemacetan atau bisa melewati jalan lain yang lebih lengang.

Itulah step by step cara mengatasi mobil overheat secara mudah yang bisa Anda terapkan. Pastikan jangan panik dan ikuti petunjuk di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *