Cara Membersihkan Rantai Sepeda Agar Bersih Maksimal dan Selalu Awet

cara membersihkan rantai sepeda

Jika Anda suka gowes pasti di rumah Anda ada sepeda yang dipakai untuk melakukan hobi Anda tersebut. Nah, agar kenyamanan dalam berkendara sepeda ketika gowes selalu maksimal maka perawatan semua komponen sepeda termasuk rantainya harus tepat. Lantas seperti apa cara membersihkan rantai sepeda yang tepat?

Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasinya untuk Anda tentang beberapa cara membersihkan rantai sepeda agar bersih dan selalu awet. Jika sepeda Anda awet tentu dampak positifnya sepeda bahkan bisa digunakan secara turun temurun. Informasi selengkapnya dapat Anda simak berikut ini!

Cara Membersihkan Rantai Sepeda Agar Awet

Tentukan jadwal perawatan yang tepat

Rantai adalah sekumpulan mata rantai yang mengaitkan antara gigi depan dan gigi belakang sepeda. Dalam merawat rantai, jangan tunggu sampai berkarat lalu Anda memberikan perawatan pada bagian ini. Pastikan Anda membersihkan rantai secara rutin agar kondisinya bagus dan awet.

cara membersihkan rantai sepeda anda

Pilih waktu terbaik untuk membersihkan rantai. Terlebih jika sepeda baru saja dipakai untuk menempuh perjalanan jauh maka Anda harus membersihkannya segera mungkin karena rantai pasti akan tercampur dengan lumpur, debu atau percikan air yang dapat mempercepat munculnya karat.

Satu hal yang Anda harus tahu bahwa semakin sering sepeda dikendarai, maka langkah membersihkannya juga harus semakin sering. Namun jika sepeda hanya dipakai beberapa kali dalam sebulan, maka membersihkan satu minggu sekali sudah lebih dari cukup.

Bersihkan rantai dengan menggunakan alat dan teknik yang benar

Jika peralatan untuk membersihkan rantai sudah tersedia, Anda bisa membuat sepeda dalam posisi terbaik agar lebih memudahkan pembersihannya. Siram rantai sepeda dengan menggunakan air hangat yang telah dicampur bersama sabun.

Siram secara perlahan supaya kotoran di rantai dapat lepas. Pastikan Anda tidak menyiram kotoran menggunakan semprotan kencang atau bahkan selang karena hal tersebut berpotensi menyebabkan komponen kecil terlepas.

Gosok mata rantai satu per satu secara perlahan – lahan dengan menggunakan sikat yang telah dibasahi menggunakan campuran air hangat atau sabun. Proses pembersihannya belum selesai. Setelahnya Anda masih harus menyemprotkan kaitan rantai dengan pembersih agar semua kotorannya hilang secara sempurna.

Oleskan pelumas rantai

Terakhir, oleskan pelumas rantai pada rantai sepeda dengan cara meneteskan pelumas sembari memutar rantai sehingga bagian yang selalu mengalami gesekan yaitu pin dan bearing tengah terlumasi.

cara membersihkan rantai sepeda ini

Pelumas akan sulit menempel jika rantai masih dalam kondisi lembab atau dalam kondisi basah. Jadi pastikan Anda keringkan rantai dengan lap kering baru tunggu beberapa saat dan rantai bisa dilumasi kembali.

Anda harus selalu ingat bahwa rantai yang kekurangan pelumas akan cepat aus dan cepat berkarat. Akan tetapi jika rantai dilapisi pelumas yang terlalu tebal, kotoran juga akan lebih mudah menempel pada rantai.

Oleh sebab itu, perhatikan baik – baik agar pelumas Anda oleskan secukupnya saja. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Jika Anda terlanjur memberikan pelumas terlalu banyak pada rantai, bersihkan rantai bagian luar dengan kain dan pastikan jangan terburu – buru melakukannya.

Keesokan harinya lagi jika Anda melakukan pengisian ulang pada rantai baru upayakan pengisian rantai tidak terlalu banyak.

Jadi bagi Anda yang punya sepeda dan ingin agar sepeda Anda tersebut selalu awet, itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk merawat rantai sepeda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *