Bukan Hanya Mandi, Berikut 6 Protokol Masuk Rumah Setelah Bepergian

Bukan Hanya Mandi mencuci baju sendiri

Hingga saat ini, pandemi COVID-19 masih belum berakhir dan kasus penyebarannya semakin naik. Pada masa transisi menuju new normal seperti saat ini maka semua orang wajib mematuhi protokol kesehatan saat keluar rumah. Bukan hanya mandi, untuk mencegah penyebaran virus Corona didalam rumah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan ketika sampai dirumah setelah bepergian atau terpaksa keluar rumah, berikut penjelasannya.

Protokol Masuk Rumah Setelah Bepergian

1. Lepas Sepatu Sebelum Masuk Rumah

Setelah bepergian atau berkegiatan di luar rumah sebaiknya anda tidak membiasakan membawa masuk kedua sepatu yang telah digunakan ke dalam rumah. Dikarenakan benda tersebut bisa membawa kuman dan berpotensi membawa virus Corona. Jika anda telah sampai dirumah maka disarankan untuk menyemprot sepatu yang telah anda pakai dengan desinfektan dan menyimpannya di luar rumah.

Bukan Hanya Mandi Olahraga di Rumah

Jika tidak ada desinfektan maka anda bisa menjemurnya di depan rumah agar terkena cahaya matahari atau menyimpannya di tempat yang sedikit panas. Hal itu dikarenakan virus akan mati saat berada di suhu yang sangat panas. Simpanlah sepatu di tempat yang tidak mudah dijangkau oleh anak kecil karena kita tidak pernah tahu apakah di sepatu tersebut masih terdapat virus atau tidak.

2. Jangan Menyentuh Apapun Sebelum Cuci Tangan

Sebaiknya setelah bepergian atau beraktivitas diluar rumah maka anda harus segera mencuci tangan dan kaki terlebih dahulu sebelum menyentuh benda yang ada di rumah. Selain itu, jika anda belum mencuci tangan maka hindari untuk tidak menyentuh muka karena virus sangat mudah masuk di daerah tersebut. Oleh karena itu biasakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh sesuatu.

3. Lepas Pakaian Dan Segera Masukkan Dalam Keranjang

Setelah mencuci tangan dan kaki, segera lepas pakaian yang dipakai dari luar rumah dan pisahkan dari pakaian rumah. Jika perlu, segera cuci dengan menggunakan deterjen karena menurut juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, dr. Achmad Yurianto mengatakan bahwa virus Corona akan mudah hancur jika terkena detergen.

4. Letakkan Barang Bawaan Dalam Satu Kotak

Siapkan kotak khusus untuk meletakkan barang-barang yang dibawa dari luar rumah. Misal, tas, dompet, kunci, buku dan barang-barang lainnya. Segera semprot barang-barang tersebut dengan cairan desinfektan sebelum membawanya masuk ke dalam rumah. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk membunuh segala virus dan bakteri yang ada di barang bawaan anda.

5. Segera Bersihkan Badan

Langkah selanjutnya adalah segera bersihkan tubuh dari ujung kepala sampai ujung kaki. Para peneliti mengatakan bahwa sabun dan air dapat meluruhkan semua bakteri, virus, dan kuman yang menempel pada tubuh anda setelah bepergian. Akan tetapi jika tidak bisa langsung mandi maka bersihkan area kulit yang terkena paparan udara luar seperti wajah, tangan dan kaki.

Manfaat Mandi Air Hangat

6. Bersihkan Handphone, Kacamata Dan Benda yang Dibawa Dari Luar Dengan Disinfektan

Kandungan konsentrasi biosida serta alkohol yang tinggi dalam cairan desinfektan dipercaya sangat efektif untuk membunuh bakteri, virus. Tak hanya itu kuman, dan mikroorganisme pada permukaan benda mati apa pun, yang menjadi perantara virus atau bakteri berbahaya bila dihirup atau disentuh manusia. Jika tubuh sudah dibersihkan dan mengenakan pakaian yang bersih, kita bisa menyapa dan berkumpul dengan anggota keluarga.

Itulah beberapa protokol yang harus anda lakukan ketika ingin masuk rumah setelah bepergian atau beraktivitas diluar. Penting untuk selalu menjaga kebersihan agar tidak mudah terserang virus. Mematuhi protokol kesehatan juga termasuk salah satu upaya dalam membantu memutus rantai penyebaran virus Corona yang ada di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *