Berikut Tips Mencuci Dan Merendam Baju Agar Bebas Virus

Merendam Baju Agar Bebas Virus

Salah satu upaya mencegah penularan virus Corona adalah dengan menjaga kebersihan barang sekitar yang kerap tersentuh tangan. Setiap orang bisa melakukan langkah pencegahan ini dengan rutin menyemprotkan desinfektan terhadap semua barang yang ada di rumah, salah satunya adalah pakaian. Berikut simak beberapa tips mencuci dan merendam baju agar bebas dari virus Corona.

Tips Mencuci Pakaian Agar Bebas Virus

1. Pakai Air Panas

Jika memungkinkan, gunakan air panas untuk mencuci baju terutama baju yang telah digunakan untuk keluar rumah. Pasalnya, semakin tinggi suhu air yang digunakan untuk mencuci maka semakin besar kemungkinan virus yang menempel akan mati. Seorang peneliti mengatakan bahwa sebagian besar virus tidak akan bertahan lama dalam suhu lebih dari 60 derajat Celcius.

Merendam Baju Agar Bebas

Akan tetapi sebelum mencuci pastikan dulu apakah baju yang akan dicuci sesuai dan tidak akan rusak jika dicampur dengan air panas. Jika baju yang akan tersebut tidak bisa di cuci dengan menggunakan air panas maka anda bisa mengambil langkah lain, yaitu dengan merendam baju terlebih dahulu sebelum dicuci. Hal itu dilakukan agar virus atau bakteri yang menempel pada baju mati.

2. Gunakan Deterjen Dengan Kandungan Pemutih

Jika anda ingin mencuci baju yang habis digunakan berkegiatan di luar rumah, sebaiknya gunakan deterjen dengan kandungan pemutih. Menurut LIPI, virus Corona memiliki semacam selubung (enveloped virus) dengan lapisan lemak. Ia tidak akan hilang jika hanya dicuci dengan menggunakan air biasa. Pasalnya, deterjen dengan kandungan pemutih sangat efektif untuk melepaskan virus Corona dari lapisan pakaian.

3. Cuci Dengan Rutin

Ditengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, sebaiknya jangan tunggu baju kotor apalagi sampai menumpuk. Selepas digunakan keluar, seperti ke tempat kerja atau transportasi publik maka sebaiknya anda segera mencuci baju tersebut. Baju untuk setelan luar dan jaket adalah pakaian yang rentan terpapar virus. Terlebih jika sampai pemakaiannya menyandar ke dinding, terkena elevator, susuran tangan hingga pegangan pintu.

4. Gunakan Mesin Dan Pengering

Mencuci baju dengan tangan atau secara manual memang tidak dilarang karena belum tentu setiap rumah memiliki mesin cuci. Akan tetapi, mencuci baju dengan menggunakan mesin cuci lebih disarankan karena tergolong lebih aman daripada mencuci dengan tangan. Hal itu dikarenakan seseorang yang mencuci menggunakan mesin cuci tidak bersentuhan langsung dengan kain sehingga bakteri atau virus yang ada pada pakaian tidak menempel.

Merendam Baju Agar Bebas Virus

Selain itu jika menggunakan mesin cuci maka anda tidak perlu menunggu lama agar baju bisa digunakan kembali, karena biasanya pada mesin cuci sudah terdapat pengering untuk mengeringkan baju yang telah dicuci. Jika menggunakan mesin cuci biasanya droplet dan virus akan mengering dan tidak aktif lagi. Selain tidak bersentuhan langsung dengan pakaian, mencuci dengan menggunakan mesin cuci tergolong lebih efisien karena tidak membutuhkan waktu lama.

5. Pisahkan Dari Pakaian Orang Sakit

Jika dirumah ada orang sakit maka sebaiknya jangan campurkan pakaian kotor milik orang sehat dengan orang yang sedang sakit. Pakaian orang sakit berpotensi dilekati oleh virus, seperti E Coli, staph, flu dan bukan tidak mungkin juga virus Corona. Sediakan tempat sendiri khusus untuk menaruh pakaian anggota keluarga yang sedang sakit agar tidak bercampur menjadi satu.

Menjaga kebersihan rumah saat masa pandemi COVID-19 seperti saat ini sangat penting. Bukan hanya untuk kepentingan pribadi tapi juga menyangkut kesehatan anggota keluarga. Biasakan untuk hidup bersih sejak sekarang agar tempat tinggal yang anda tempati tetap terhindar dari virus. Selalu patuhi protokol kesehatan saat ingin berkegiatan di luar rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *