Berikut 6 Protokol Kesehatan Bagi Penumpang Kendaraan Umum

Penumpang Kendaraan Umum

Masyarakat yang telah kembali bekerja di kantor perlu mengutamakan protokol kesehatan terutama bagi mereka yang menggunakan moda transportasi umum. Penularan virus Corona masih berlangsung hingga saat ini, dan semakin hari kasus Corona di Indonesia terus bertambah. Pencegahan diri dan perlindungan terhadap sesama dapat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Berikut 6 protokol kesehatan bagi penumpang kendaraan umum.

Protokol Kesehatan Saat Naik Transportasi Umum

1. Membawa Hand Sanitizer

Dalam menghadapi masa new normal seperti saat ini penting bagi anda untuk selalu membawa hand sanitizer atau tisu basah terlebih jika anda pergi ke kantor dengan menggunakan moda transportasi umum. Sebelum anda memegang sesuatu atau duduk di kendaraan umum maka sebaiknya anda semprot tempat tersebut dengan menggunakan hand sanitizer atau lap menggunakan tisu basah agar tidak ada virus yang menempel pada pakaian.

Penumpang Kendaraan Umum hand sanitizer

2. Mengenakan Masker Dan Menyiapkan Alat Kesehatan Yang Dibutuhkan

Masker merupakan alat perlindungan paling utama dalam pencegahan penularan virus Corona atau COVID-19. Hal itu dikarenakan masker dipercaya dapat mencegah penularan virus ke orang lain serta mencegah terkenanya droplet dari orang sekitar. Oleh sebab itu, wajib bagi anda untuk selalu menggunakan masker saat keluar rumah agar tidak terpapar virus Corona.

3. Menjaga Jarang Dengan Orang Sekitar Atau Physical Distancing

Saat anda menaiki kendaraan umum maka disarankan untuk selalu menjaga jarak atau physical distancing dengan orang sekitar jika perlu jangan mengobrol dengan orang lain. Karena dengan menerapkan physical distancing maka anda bisa mencegah penularan virus Corona. Anjuran jaga jarak yang disarankan oleh pemerintah yaitu kurang lebih satu meter.

4. Mematuhi Prosedur Yang Diarahkan Oleh Petugas

Setiap petugas pasti memiliki tujuan yang ketika mengarahkan kepada penumpang untuk mematuhi prosedur yang telah ditetapkan. Diharapkan semua orang yang akan menggunakan transportasi umum dapat menjalani aturan yang telah ditetapkan oleh Menteri Perhubungan. Peraturan tersebut dibuat dengan tujuan untuk meminimalisir penularan virus Corona yang ada di Indonesia.

Tak hanya untuk kebaikan negara, peraturan tersebut juga membawa dampak baik bagi anda karena dengan mematuhi peraturan maka anda pun tidak akan terpapar virus saat menaiki kendaraan umum. Virus memang tidak dapat dihilangkan namun anda hanya bisa mencegah virus agar tidak masuk dan berkembang di dalam tubuh dan salah satu upaya pencegahannya adalah dengan mematuhi protokol kesehatan.

5. Utamakan Melakukan Pendaftaran Diri Secara Daring Bagi Pengguna Transportasi Umum

Sebelum anda menaiki transportasi umum maka anda harus melakukan pendaftaran diri secara online. Dengan melakukan pendaftaran diri secara daring maka anda sudah berusaha untuk tidak melakukan transaksi tatap muka dan secara tunai. Hal itu menjadi upaya untuk menghindari dan memutus rantai penyebaran virus Corona. Jika anda masih melakukan transaksi secara tunai maka potensi untuk terpapar virus sangat besar, karena tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat virus pada uang yang anda pegang.

Penumpang Kendaraan Umum pesan online

6. Cuci Tangan

Setelah sampai ditempat tujuan dan turun dari kendaraan umum sebaiknya anda langsung mencuci tangan karena pada saat perjalanan tidak tahu virus atau bakteri apa saja yang menempel di tangan anda. Hindari untuk menyentuh area wajah jika belum mencuci tangan, karena di area wajah virus sangat mudah untuk masuk dan berkembang.

Sebagai warga negara yang baik, menaati aturan pemerintah sudah menjadi keharusan bagi anda untuk dilakukan. Selalu terapkan protokol kesehatan saat berkegiatan di luar rumah untuk memutus rantai penyebaran virus Corona dan mencegah paparan virus. Terapkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang demi kebaikan dan keamanan bersama agar tidak selalu terhindar dari virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *