Akibat Kekurangan Protein Bagi Tubuh

akibat kekurangan protein penyakit kekurangan protein

Selain karbohidrat, vitamin dan mineral, asupan gizi yang juga sama pentingnya untuk tubuh adalah protein. Jika kebutuhan protein tubuh tidak terpenuhi, akibat kekurangan protein yang dampaknya fatal bagi tubuh akan dirasakan.

Lantas apa sebenarnya fungsi protein itu sendiri?

Protein berfungsi sebagai komponen untuk membentuk tulang, otot, kulit dan darah karena sifatnya membangun, memperkuat serta mengganti atau memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Jika kebutuhan protein tidak terpenuhi, berbagai dampak negatif akan dirasakan tubuh Anda. Apa sajakah dampak negatifnya?

Akibat Kekurangan Protein yang Fatal

Mengakibatkan anemia

Masalah anemia yang sering terjadi pada seseorang bisa terjadi karena disebabkan tubuh yang kekurangan protein. Dalam hal ini, peran protein membantu proses transportasi oksigen ke seluruh tubuh sehingga jika asupan protein tidak tercukupi dengan baik maka dampaknya pada tubuh adalah kurangnya transportasi oksigen sehingga anemia pun terjadi. Hal ini menjadikan penderitanya mengalami kekurangan energi untuk menunjang aktivitasnya.

akibat kekurangan protein

Untuk mencegah anemia, Anda bisa mengonsumsi makanan kaya zat besi dan memenuhi kebutuhan protein. Jika memang diperlukan, konsumsi suplemen penambah darah.

Terjadinya proses penyembuhan luka yang semakin lambat

Kurangnya asupan protein di dalam tubuh dapat menjadikan proses penyembuhan luka semakin lambat. Di dalam sebuah penelitian, ditunjukkan fakta bahwa salah satu penyebab luka sulit sembuh adalah kadar protein di dalam tubuh yang cenderung sangat rendah sehingga jaringan baru yang berfungsi menutup luka akan sulit terbentuk.

Berpengaruh terhadap kesehatan tulang, gigi, rambut dan kulit

Akibat yang tak kalah penting dari kekurangan protein adalah berpengaruh terhadap kesehatan gigi, tulang, rambut dan kulit. Asupan protein yang tidak terpenuhi dengan baik, dalam hal ini menjadi salah satu penyebab dari berbagai macam kelainan atau pun kerusakan gigi yang dialami seseorang.

Selain itu, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan kulit terlihat kering, pucat, menipis dan terkelupas. Bahkan orang yang mengalami kekurangan protein dapat mengalami kerontokan rambut dan tumbuhnya rambut beruban lebih cepat dari usianya. Oleh sebab itu jika Anda mengalami masalah rambut beruban lebih dini besar kemungkinan terjadi karena asupan protein yang tidak terpenuhi sesuai kebutuhan tubuh Anda.

Imun tubuh yang mengalami penurunan

Kekurangan asupan protein dapat menurunkan kekebalan atau imunitas tubuh. Hal inilah yang menyebabkan seseorang yang kebutuhan proteinnya tidak terpenuhi akan rentan mengalami berbagai penyakit termasuk mengalami infeksi, radang atau sebagainya karena faktor imun yang menurun.

Kondisi fisik yang mengalami penurunan

Akibat kekurangan protein yang selanjutnya adalah menyebabkan tubuh mengalami berbagai perubahan fisik seperti pengecilan otot rangka, pusing, pingsan sampai menjadikan orang tersebut sering merasa kelelahan.

akibat kekurangan protein

Oleh sebab itu, ketika kondisi fisik menurun maka tubuh akan lebih mudah letih sehingga berbagai aktivitas akan terhambat. Untuk memperbaiki kondisi fisik yang menurun, selain konsumsi protein diperlukan pastikan Anda menunjang dengan gaya hidup sehat dan olahraga secara rutin.

Mengalami kerontokan rambut

Kurangnya asupan protein pada tubuh dapat memicu kerontokan rambut. Hal ini terjadi karena ketika tubuh kekurangan protein, hal tersebut menjadikan laju pertumbuhan rambut mengalami keterlambatan dan nantinya akan semakin banyak folikel rambut yang memasuki fase istirahat. Dampaknya, rambut akan mudah rapuh, rontok dan lebih tipis dari seharusnya.

Itulah beberapa akibat kekurangan protein yang akan dirasakan tubuh. Oleh sebab itu dianjurkan agar setiap hari Anda selalu mengonsumsi kebutuhan nutrisi tubuh termasuk protein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *