Air Sabun Sebagai Desinfektan Sederhana, Simak Bahan Lainnya Yang Juga Bisa Cegah Corona

Air Sabun Desinfektan

Menggunakan desinfektan menjadi hal yang penting untuk menurunkan penyebaran virus corona. Penyemprotan desinfektan dinilai efektif untuk membunuh kuman dan bakteri, serta virus yang tidak sengaja tertempel dan bisa jadi menyebabkan corona. Centers for Disease Control (CDC) sebagai pusat pengendalian dan pencegahan penyakit, mengungkapkan air sabun dan bahan lainnya dapat dijadikan sebagai desinfektan sederhana yang dapat dibuat sendiri di rumah.

Bahan-Bahan Yang Dapat Menjadi Desinfektan

1. Desinfektan dari Alkohol Yang Aman Digunakan

Penggunaan alkohol sebagai bahan desinfektan sudah banyak dilakukan tidak hanya di kalangan tenaga medis. Saat ini, rasanya sudah menjadi hal yang wajar ketika masyarakat umum bebas membersihkan barang atau perabotan rumah tangganya menggunakan alkohol. Kadar alkohol yang diperlukan untuk dapat membunuh kuman adalah sekitar 60 hingga 70%. Alkohol juga lebih nyaman digunakan karena memiliki potensi merusak permukaan benda yang disterilkan lebih kecil.

Aman atau Tidak Pakai Cairan Antiseptik Air Sabun

Untuk membuat desinfektan dari cairan alkohol ini, sangat mudah dilakukan di rumah. Anda bisa menyiapkan alkohol 70% secukupnya. Masukkan alkohol pada botol kosong, lalu anda bisa menyemprot alkohol ke semua permukaan barang yang ingin dibersihkan. Biarkan cairan desinfektan mengering dan terserap pada permukaan agar bekerja untuk membunuh kuman. Lakukan penyemprotan ini selama beberapa kali sebagai tindakan pencegahan dini dari virus corona.

2. desinfektan dari Air Pembersih Dengan Bahan Yang Murah

Campuran air dan pembersih berbahan sabun adalah kombinasi paling sederhana untuk membuat desinfektan di rumah. Bahan kimia dalam cairan pembersih ini terbukti dapat bekerja dengan baik dan efektif untuk melumpuhkan virus. Air dapat membersihkan virus dan kuman dari permukaan perabotan, sedangkan pembersih berbahan kimia mampu menghilangkan dan membunuh kuman dan virus yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, termasuk corona.

Kandungan surfaktan pada pembersih ini berguna untuk membuat busa, dimana busa inilah yang memiliki kemampuan untuk membersihkan benda-benda dari kuman. Senyawa surfaktan hanya bisa diaktifkan dengan air, ketika cairan ini bertemu dengan struktur lemak yang ada pada virus corona, maka virus akan hancur. Kemudian, air akan bertindak untuk meluruhkan virus yang telah hancur dari tangan dan membersihkannya dari residu pembersih yang menempel.

3. Desinfektan dari Cairan Pemutih Yang Ampuh Basmi Kuman

Salah satu penelitian menyebutkan bahwa pemutih dapat membersihkan segala kuman, bakteri maupun virus termasuk virus covid. Pemutih memiliki kandungan natrium hipoklorit yang merupakan senyawa ampuh yang dapat membasmi bakteri dan virus. Namun, anda tetap harus berhati-hati karena kandungan pemutih tidak ramah terhadap semua benda. Yang mana, ketika disemprotkan pada benda-benda tertentu akan menyebabkan kerusakan atau iritasi pada permukaannya.

Air Sabun Sebagai Desinfektan

CDC menjelaskan, larutan pemutih dapat menjadi bahan utama dalam pembuatan cairan desinfektan. Untuk membuatnya, anda bisa melarutkan 20 ml larutan pemutih, atau setara dengan 4 sendok teh, kedalam 946 ml air. Larutkan campuran kedua bahan hingga tercampur, lalu masukkan pada botol spray. Untuk menggunakannya, semprotkan pada permukaan benda yang ingin dibersihkan, tunggu beberapa menit lalu bersihkan kembali dengan lap basah.

Cairan desinfektan adalah bahan kimia yang berguna untuk mencegah adanya infeksi yang disebabkan oleh kuman, bakteri maupun virus. Kemampuan desinfektan untuk membunuh mikroorganisme yang menyebabkan penyakit inilah, yang membuat cairan ini diperlukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Saat ini, banyak bahan yang bisa digunakan sebagai bahan pembuatan desinfektan. Diantaranya adalah alkohol, cairan pembersih dan larutan pemutih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *