5 Langkah Menikmati Bir Guinness Ternikmat

Menikmati bir Guinness

Siapa yang bilang menikmati bir tidak membutuhkan usaha yang lebih? Sebuah kenikmayan serta kesempurnaan rasa pada bir tidak hanya diperoleh pada saat sedang meneguk bir tersebut. Akan tetapi, Anda juga harus banyak latihan agar bisa menyajikan segelas bir dengan cita rasa yang sangat sempurna. Khususnya lagi bagi Anda para penikmat Guinness bir. Ada beberapa teknik yang perlu Anda coba agar bir terasa nikmat. Berikut ini penjelasannya.

1.Menuang bir ke dalam gelas khusus bir

Pada dasarnya, saat menikmati bir Anda bisa menggunakan jenis gelas apapun. Akan tetapi, agar mendapatkan kenikmatan dalam penyajian bir ini, sangat disarankan untuk menggunakan jenis gelas khusus untuk bir. Jenis gelas yang biasanya digunakan adalah gelas tulip.

Menikmati bir hitam bir

Hal ini perlu dilakukan karena bentuk gelas ini akan membantu gelembung nitrogen pada bir bergerak ke bawah dan menuju permukaan. Biasanya akan menggunakan gelas dengan ukuran 480 mililiter.

2.Menuangkan bir dengan menggunakan sudut kemiringan 45 derajat

Cara menuang bir ternyata juga mempengaruhi kenikmatannya. Pada saat menuang bir ke dalam gelas saji, Anda harus memperhatikan derajat kemiringannya. Usahakan Anda menuang bir dengan kemiringan 45 derajat. Tuangkan bir secara berlahan-lahan sampai kurang lebij ¾ bagian gelas terisi. Ini bertujuan agar bir tidak menghasilkan buih yang banyak. Sehingga tampilan permukaan pada gelas tersebut akan lebih baik. Anda juga harus menghindari menuangkan bir posisinya persis di tengah gelas karena berguna untuk menghindari lubang pada busa yang ada di permukaan dan menghidari juga adanya gelembung yang besar.

3.Diamkan bir sejenak sebelum dituang

Setelah menuang bir jangan langsung diminum ya, Lebih baik Anda mendiamkan sejenak 1-3 menit. Ini bertujuan agar busa lembut tidak muncul ke permukaan. Busa ini biasanya berasal dari gelembung nitrogen yang naik pada bagian atas akrena adanya pergerakan bir saat dituangkan.

4.Menuangkan sisa-sisa bir ke dalam gelas

Setelah mendiamkan bir beberapa saat, Anda dapat langsung menuangkan sisa bir pada bagian tengah-tengah gelas. Hal ini bertujuam agar memberikan efek busa menggembung yang akan muncul dalam permukaan. Setelah itu, barulah Anda bisa menikmati bir tersebut secara nikmat dan sempurna.

5.Buat Half and Half

Half and half adalah sebuah kombinasi dalam menikmati Guinness bir dengan cara memadukan bir tersebut dengan ale yang merupakan bir hasil fermentasi dengan rasa yang pahit. Perpaduan kedua rasa bir ini akan membuat bir lebih enak. Untuk cara membuatnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini, yaitu :

Menikmati bir hitam

Siapkanlah satu botol lager yang merupakan bir yang berwarna cerah

Tuangkan lager pada gelas hingga terisi setengahnya dan tuangkan dengan agak cepat hingga busa muncul ke permukaan

Gunakan sendok dengan cara meletaknya di atas gelas menghadap ke bawah dan posisi kepala sendirk menyetuh dinding gelas dan pegangan. Anda juga bisa menggunakan sendok yang sudah didesain half and half yang banyak dijual di pasaran pada saat ini

Tuangkan bir Guinness secara berlahan-lahan ke atas sendok. Lakukan dengan sangat hati-hati supaya bir hitam tetapa berada pada pemukaan lager. Di sini sendok berguna untuk membuat busa menjadi lembut pada pemukaan bir sehingga bisa menciptakan citarasa yang lebih nikmat.

Barulah setelah itu, sajian bir Guinness dengan berbagai kombinasi bisa dinilkmati. Dijamin sangat nikmat dan menyegarkan deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *